Rabu, 27 Agustus 2008

Budaya Aceh

Kebudayaan Aceh

Aceh kaya akan Kesenian dan kebudayaan,Aceh merupakan salah satu Provinsi di Indonesia dan merupakan Provinsi paling Barat di Indonesia,Naggroe Aceh Darussalam berada pada posisi 2 -6 LU da 95-98 BT.berdiri 7 Desember 1956.

1.Rumah Adat












Rumah adat Aceh disebut Rumoh Aceh.Rumoh Aceh terdiri dari 44 tiang,Atapnya terbuat dari Daun Rumbia.Rumah Aceh dapat dilihat di Museum Aceh.

2.Pakaian Adat Aceh

Pakaian adat Aceh sering dipakai oleh Calon pengantin Aceh. Pakaian untuk Laki-laki seperti yang dipakai oleh Teuku Umar salah satu Pahlawan Aceh,yang memakai topi besar,Kemeja lengan panjang bewarna hitan,Rencong Aceh yang diselipkan didalam baju,Songket Aceh,Serta Celana panjang berwarna hitam.Pakaian Perempuan memakai sanggul di Kepala,baju berwarna merah,Songket Aceh,Selendang, dan celana hitam yang ditutupi Songket

3.Seni Aceh

Seni Aceh sangat banyak diantaranya Rapai Geleng,tari Seudati,tari Saman,tari Ranup lampuan,dan masih banyak lagi.

-Rapai geleng



Merupakan seni Aceh yaitu Menambuk Rebana,sambil membaca Shalawat yang dilakukan oleh para Laki-laki.seni ini dilakukan disaat ada tamu yang berkunjung ataupun pada Acara-acara pesta perkawinan.



-tari Seudati





Merupakan tarian yang dilkukan oleh Laki-laki,sering dilakukan pada acara-acara perkawinan dan pada saat Tamu berkunjung.dengan membaca kata-kata menyambut Tamu.


-Tari Saman









Tarian ini merupakan tarian yang terkenal dilakukan oleh para Perempuan Aceh,tarian ini melambangkan kekompakan dan persatuan sesama manusia.



4.Adat perkawinan

Di Aceh,Laki-laki yang meminang Perempuan,Akad nikah dilakukan di Masjid,KUA,maupun dirumah secara Islam.Pengantin memakai Pakaian adat Aceh.setelah dilakukan akad, Acara yang dilakukan adalah

-Intat Linto

mengantar pengantin Laki-laki kerumah pengantin perempuan.

Adat ini dilakukan untuk mengenali Keluarga dari Pengantin Perempuan dan menjaga persatuan antar kedua belah pihak.Acara ini biasanya dilakukan setelah akad nikah.Keluarga pengantin perempuan menyediakan makanan kepada Rombongan pengantin Laki-laki.


-Intat Dara Baro

Tujuan dilakukannya acara ini tak jauh berbeda dengan Intat Linto.hanya saja Waktu dilakukannya berselang beberapa Bulan.pada Acara adat ini pengantin perempuan berkunjung ketempat pengantin laki-laki.

2 komentar:

pesantrennurulislam mengatakan...

Assalamu alikum wr,wb

Salam serambi makkah

Salam Kenal

tetap melestarikan budaya bangsa

Izin tautkan blog

Salam Kenal
Penus Center

Anonim mengatakan...

budaya aceh memang perlu di lestarikan, karena itu aset bangsa indonesia,